Cara Pembuatan Sticker



Cara Pembuatan Sticker

Stiker umumnya terbuat dari bahan kertas dan vinyl (semacam plastik yang tahan air), untuk merk yang beredar cukup banyak, mulai dari ritrama, 3M, Rexlite, Oracal, Sunfix dan lain-lain. Bahan sticker pada umumnya terdiri dari dua lapis yaitu lapisan atas sebagai media untuk gambar dan lapisan bawah sebagai pelindung bahan perekatnya. Lapisan bawah ini disebut juga backing, harus kita kupas ketika kita akan menempelkan sticker ke media yang kita inginkan. Bahan sticker secara visual dibedakan menjadi dua yaitu sticker bening (transparant) dan opaque.

cutting sticker

Untuk sticker bening (transparant) digunakan dengan tujuan agar sticker tersebut tidak menutupi semua permukaan benda yang ditempel misalkan kaca, dengan sticker bening maka yang terlihat adalah tulisannya saja sedang ruang-ruang antar tulisan atau gambar akan tembus ke sisi lain dari kaca.

Pembuatan cutting stiker saat ini sudah menggunakan mesin khusus yang mampu melakukan pemotongan sisi atas sticker dengan sempurna mengikuti pola atau desain yang dibuat di komputer.

Aplikasi cutting stiker cukup luas, mulai dari memperindah tampilan kendaran motor atau mobil, hingga untuk menggantikan teknik etching pada kaca (sandblast).

Pada papan iklan atau signboard cutting stiker juga dapat digunakan, atau bahkan menutupi seluruh bagian mobil (wrapping).

Stiker offset

Stiker offset biasanya menggunakan bahan stiker kertas atau juga vinyl, teknik ini menggunakan mesin cetak offset dalam pengerjaannya, proses cetak offset cukup panjang, berbeda dengan teknik cutting stiker, untuk teknik offset anda harus membuat film afdruk dari desain yang anda inginkan, kemudian membuat plat cetak sesuai dengan mesin offset yang anda gunakan.

Teknik cetak offset untuk stiker biasanya digunakan pada stiker-stiker promosi dengan jumlah besar, semisal untuk kebutuhan kampanye atau produk, semakin banyak jumlah yang dibuat dalam satu desain, maka harga per satuannya akan semakin rendah.

Stiker sablon

Teknik sablon pada pembuatan stiker biasanya dipergunakan untuk stiker-stiker yang desain warna nya solid dan tidak tercampur, juga untuk kuantitas yang tidak terlalu banyak.

Teknik stiker sablon dapat menggunakan hampir semua jenis bahan stiker, ini dikarenkan tinta yang dipergunakan pada teknik sablon adalah tinta oil base atau tinta yang basisnya minyak, bukan air.

Stiker Digital Printing

Dari semua teknik diatas, cetak digital atau digital printing yang paling mudah, anda tinggal mendesign sticker di corel, adobe atau ilustrator kemudian tinggal cetak menggunakan printer (baik dekstop ataupun plotter). Sedangkan untuk sablon dan offset anda harus membuat film kemudian screen atau plate baru yang tentunya akan sangat ribet bagi anda yang tidak menguasainya.

Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa ada beberapa jenis sticker yang tidak bisa dikerjakan oleh cetak digital / digital printing, misal sticker hologram, sticker dengan tinta glitter atau tinta nyala dalam gelap (kalo untuk hal seperti ini anda bisa menggunakan teknik sablon atau cutting).

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Poskan Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :