Tips Membuat Titik-Titik Pada Halaman Daftar Isi Secara Rapih

Daftar Isi merupakan halaman penting dalam suatu karya tulis ilmiah, baik berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya, karena dengan adanya halaman ini, memudahkan bagi pembaca untuk menemukan topik tertentu dalam sebuah karya tulis ilmiah. Selain itu, dengan Daftar Isi pula, memudahkan pembaca untuk mempelajari pokok-pokok bahasan dari sebuah karya tulis yang akan dibacanya. Namun demikian, mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang kebingungan ketika harus membuat sebuah daftar isi yang baik dan rapi, terlebih harus merapikan posisi titik-titik dalam sebuah halaman daftar isi.
Pada tulisan ini, saya akan mencoba memberikan tips cara membuat titik-titik pada daftar isi dengan rapi menggunakan Microsoft Office 2007.

Langkah pertama, bukalah program microsoft office sehingga muncul lembar kerja yang masih kosong. Lalu, pastikan batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”, seperti gambar di bawah :


Pada lembaran kerja yang masih kosong, pada baris pertama ketikkan “DAFTAR ISI”.
Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”
Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti gambar berikut:


Langkah selanjutnya adalah klik dua kali salahsatu tanda “L” yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela seperti di bawah ini:


Lalu aturlah hal-hal sebagai berikut :
Nilai pada tab stop position abaikan (seperti apa adanya)
Nilai pada default tab stops abaikan (seperti apa adanya)
Pada Alignment klik “Right”
Lalu Klik tombol Set
Nilai angka-angka yang lain abaikan
Lalu Klik OK
Setelah itu, perhatikan bahwa salah satu tanda “L” berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik sebagaimana gambar berikut:


Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, lalu tekan tombol titik pada keyboard sehingga titik-titik memenuhi tanda L terbalik menuju KATA PENGANTAR. Atur agar titik-titik tidak menabrak KATA PENGANTAR dan tidak berlebihan keluar dari tanda L terbalik sebagaimana gambar berikut :


Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman i).

Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah anda buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI, seperti DAFTAR ISI, ABSTRAK, dan lain-lain.

Perhatikan gambar di bawah ini:


Catatan : posisi tanda tab (L) di atas dapat anda atur dengan mendrag salah satu tanda tab (L) lalu geser sesuai posisi yang diinginkan.

Selamat mencoba

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Poskan Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :