Cara mendesign logo profesional

Ketika berbicara tentang desain logo perusahaan dan melihat sebuah karya yang profesional, simple, sederhana dan menarik, seringkali kita berpikir “Mengapa tidak terpikir untuk membuat seperti itu?” Hal-hal apa saja yang membuatnya menjadi impresif dan menawan? Desain logo perusahaan adalah hal yang teramat penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan karena citra merek yang baik dan keren akan sangat menentukan branding dan citra perusahaan anda dimata konsumen.
 
Ada lima hal yang sudah pasti dan menjadi pakem dalam setiap pembuatan simbol perusahaan yang menarik:
  1. Dapat didiskripsikan
  2. Mudah sekali diingat
  3. Dapat dibuat indah walaupun tanpa warna
  4. Dapat disesuaikan, terlihat bagus dalam skala kecil maupun raksasa
  5. Relevan dengan industri tersebut
Point nomor 1 dan 2 sering sejalan karena apabila kita tidak dapat menjelaskan seperti apa bentuknya tersebut, bagaimana kita dapat mengingat apa yang kita lihat? Bila kita tidak mampu mengingatnya maka semua program marketing yang dilaksanakan menjadi sia-sia.
Point nomor 3 sangatlah penting karena warna adalah hal sekunder. Hal primer adalah bentuk dan rupa. Karena itu kita haruslah dapat membayangkan seperti apa jadinya yang kita buat apabila ditampilkan dalam keadaan tanpa warna. Apabila karya yang kita ciptakan terlihat buruk dalam keadaan hitam putih maka seberapa banyak warna tidak akan mampu membuatnya terlihat cantik dan mudah diingat.

Point nomor 4 teramati penting dan sering dilupakan oleh banyak orang karena hal ini menyangkut aplikasi nyata dari simbol tersebut seperti dicetak pada kop surat, desain kartu nama, pin, pulpen, alat tulis, topi dan sebagainya. Apabila terlihat terlalu rumit maka apabila diaplikasikan kedalam bentuk desain yang kecil akan menjadi tidak berarti sama sekali.
Yang terakhir adalah harus selalu relevan dengan bisnis industri perusahaan yang diwakilinya tersebut. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan disini adalah melaksanakan riset lengkap yang mendalam terhadap industri tersebut dan kemudian medesain logo yang berbeda dari kompetisi yang telah ada. Ini yang membuat penting agara proses kreatif ini didelegasikan dan diserahkan kedalam tangan para profesional dibidang desain grafis yang tidak hanya mengerti dan menguasai ilmu grafis tetapi juga marketing, branding, corporate identity dan psikologi warna  yang telah berpengalaman mendesain logo selama puluhan tahun

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Poskan Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :