Penelitian menggunakan SPSS untuk skripsi dan desertasi

Penelitian Menggunakan SPSS

Sekilas tentang penelitian atau riset adalah usaha yang dilakukan secara sistematik dan terorganisir untuk melakukan penyelidikan secara ilmiah terhadap suatu permasalahan yang dimaksudkan untuk memecahkan masalah atau mengungkapkan fenomena tertentu yang darinya bisa muncul beberapa implikasi baik implikasi praktis maupun implikasi teoritis. Penelitian pada mahasiswa menurut jenis data dan analisisnya dibedakan menjadi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian dengan mengambil data-data berbentuk angka, sedangkan penelitian kualitatif adalah penelitian dengan menggunakan data-data berbentuk kata, kalimat, skema, atau gambar. 

Dalam skripsi terdapat bab metode penelitian (metodologi penelitian) yang berisi sebagai berikut :

1. Lokasi Penelitian
Yaitu tempat dimana dilakukan penelitian, misalnya di perusahaan sekolah universitas, dll.
2. Populasi dan sampel penelitian
Populasi adalah sekelompok subjek atau objek yang mempunyai karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulan, sedangkan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut.
3. Definisi operasional variabel dan pengukuran
Yaitu menjelaskan definisi tentang variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian dan bagaimana pengukurannya.
4. Sumber dan jenis data
Yaitu asal tempat pengambilan data dan jenis data, misal data primer atau sekunder.
5. Metode pengumpulan data
yaitu metode yang digunakan dalam pengambilan data, misalnya dengan kuisioner, obervasi langsung, wawancara, dll.
6. Metode Analisis Data
Yaitu metode yang digunakan dalam melakukan analisis data, misal analisis diskriptif, analisis korelasi, regresi linier berganda, uji beda dua rata-rata, dll.


Analisis Data Menggunakan SPSS
Analisis data adalah kegiatan menghitung data agar dapat disajikan secara sistematis. Analisis data untuk penelitian kuantitatif bisa dilakukan secara manual dengan menghitung menggunakan rumus-rumus statistik atau menggunakan program bantu statistik seperti SPSS atau S-Plus. Contoh analisis data yaitu analisis korelasi, regresi linier, Independen T Test, Paired Sample T Test, One Way Anova, dll.


Sebelum melakukan analisis data maka harus dipersiapkan variabel dan data-data yang akan dihitung. Data-data yang akan dianalisis tentunya memiliki aturan tertentu seperti tipe variabel (angka, kalimat, atau lainnya) dan ukuran data. Ukuran data untuk menentukan analisis apa yang akan digunakan. Ada tiga ukuran data pada penelitian yaitu Nominal, Ordinal, dan Scale.


- Nominal adalah data yang didapat dari hasil kategorisasi dan menunjukkan kesejajaran, misalnya 1 = pria, 2 = wanita. Antara pria dan wanita memiliki kesejajaran tidak lebih tinggi satu dengan lainnya.
- Ordinal adalah data yang di dapat dari hasil kategorisasi dan tidak memiliki kesejajaran misalnya 1 = tidak baik, 2 = baik, 3 = sangat baik. Jadi 2 lebih tinggi dari 1 dan lebih rendah dari 3.
- Scale adalah data yang didapat bukan dari hasil kategorisasi, data ini berupa data interval dan rasio. Pada data ini dapat berupa data interval dan rasio. Pada data ini dapat dilakukan perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Contoh data ini banyak sekali, misalnya data pendapatan, data tinggi badan, berat badan, nilai siswa, biaya produksi, penjualan dsb.


Dalam melakukan analisis menggunakan variabel yang akan dimasukkan atau diinput dalam program statistik ataupun untuk dihitung secara manual. Variabel adalah konsep yang nilainya bervariasi atau berubah-ubah. Ada beberapa macam variabel sebagai berikut :

1. Variabel dependen (variabel terikat) adalah variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel lain. Contoh variabel ini dalah tingkat penjualan, tingkat produksi, harga saham, prestasi belajar, kepuasan konsumen, dsb.
2. Variabel independen (variabel bebas) adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen. Contoh motivasi, biaya produksi, kepribadian siswa, luas lahan, jumlah pupuk dsb.
3. Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau nilainya dibuat tetap hal ini tidak dipengaruhi variabel lain.
4. Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.

Setelah semuanya selesai dan dipersiapkan, maka saatnya melakukan penelitian dan WhiteCyber Olah Data SPSS siap membantu anda menyelesaikan tahap demi tahap penelitian anda.  Layanan ini tergolong mudah dan terjangkau oleh setiap mahasiswa. Selain itu pihak whitecyber juga mengerjakan secara per-metodologi penelitian anda. Jadi anda terasa mudah untuk mengambil paket apa dulu, dan menggunakan metode penelitian apa dulu ya. 


Langkahnya mudah : 
1. Isi angket penelitian dari form yang disediakan whitecyber. (download disini)
2. Hubungi dosen anda untuk mencari tahu metode penelitian apa saja yang diperlukan.
3. Lihat bentuk-bentuk hasil penelitian di skripsi / desertasi orang lain (scan / foto)
4. Pilih paket metode penelitian yang tersedia di whitecyber Olah Data.
5. Kirim metode penelitian dan contoh hasil jadi metode penelitian yang andan inginkan ke email whitecyberinfo@yahoo.co.id .
6. Hubungi via YM / SMS fihak Whitecyber
7. Tunggu sampai jadi dech hasil laporan penelitiannya. 



Mudah bukan !!!
Segera cari laporan penelitian anda, dan segera hubungi kami di www.whitecyber.com 

WhiteCyber Staff akan membantu anda.



 Daftar harga !

Info lebih lanjut silahkan lihat halaman berikut ini !

Jangan lupa baca yang ini juga



0 comments:

Poskan Komentar

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pantang bagi kita memberikan komentar bermuatan menghina atau spam.
Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Bangun sharing ilmu dengan berkomentar disini :